Arti Tinggi dan Rendahnya Kadar Gula Darah



Kandungan gula darah ialah jumlahnya zat gula atau glukosa pada darah. Walau selalu alami perombakan, kandungan gula darah perlu dijaga dalam batasan normal supaya tidak ada masalah pada tubuh.


Kandungan gula darah dikuasai oleh konsumsi gizi dari minuman atau makanan, terutamanya karbohidrat, dan jumlah insulin serta kepekaan beberapa sel badan pada insulin. Kandungan gula darah yang begitu tinggi atau begitu rendah akan memberi imbas jelek untuk kesehatan, bagus di dalam periode pendek atau periode panjang.


Apa yang Berlangsung bila Gula Darah Begitu Tinggi?

Kandungan gula darah disebutkan begitu tinggi bila melewati 200 mg/dL. Arti klinis untuk kandungan gula darah begitu tinggi ialah hiperglikemia.


Hiperglikemia bisa berlangsung saat badan tidak mempunyai cukup insulin, yakni hormon yang dilepaskan oleh pankreas. Insulin berperan menebarkan gula dari darah ke semua beberapa sel badan supaya bisa diolah jadi energi.


Gula darah tinggi dapat berlangsung jika beberapa sel badan tidak peka pada insulin, hingga gula dari darah tidak bisa masuk di dalam sel untuk diolah.


Gula darah tinggi kerap dirasakan oleh pasien diabetes yang tidak jalani pola hidup sehat, misalkan kebanyakan makan, kurang olahraga, atau lupa konsumsi obat diabetes atau insulin. Disamping itu, gula darah tinggi untuk pasien diabetes dapat dipacu oleh depresi, infeksi, atau konsumsi beberapa obat spesifik.


Orang normal yang tidak menanggung derita diabetes dapat juga terserang hiperglikemia, terlebih bila mengalami sakit berat. Pertanda Anda berkadar gula darah begitu tinggi ialah tubuh berasa capek, selera makan tinggi sekali, berat badan menyusut, kerap berasa haus, serta kerap buang air kecil.


Bila kandungan gula darah capai 350 mg/dL atau bisa lebih, tanda-tanda yang bisa ada ialah benar-benar haus, pandangan kabur, pusing, resah, serta pengurangan kesadaran. Selain itu, kulit akan nampak memeras, kering, serta berasa panas.


Jika tidak selekasnya diatasi, kandungan gula darah yang begitu tinggi dapat memunculkan ketoasidosis diabetik atau sindrom hiperglikemi hiperosmolar, yang bisa berpengaruh fatal.


Disamping itu, kandungan gula darah tinggi dalam periode waktu yang lama tiada penyembuhan bisa tingkatkan resiko berlangsungnya infeksi untuk gigi serta gusi, permasalahan kulit, osteoporosis, tidak berhasil ginjal, kerusakan saraf, kebutaan, dan penyakit kardiovaskular (jantung serta pembuluh darah).


Apa yang Berlangsung bila Gula Darah Begitu Rendah?

Gula darah begitu rendah atau hipoglikemia berlangsung saat kandungan gula darah di bawah 70 mg/dL. Keadaan ini umum berlangsung untuk pasien diabetes, yakni karena efek obat antidiabetes yang dimakannya. Obat antidiabetes, terutamanya insulin, dapat turunkan kandungan gula darah terlalu berlebih.


Pasien diabetes type 1 tidak mempunyai hormon insulin dengan jumlah yang cukup. Oleh karenanya, dibutuhkan tambahan insulin di luar yang umumnya berbentuk suntikan. Tetapi bila jumlahnya begitu tinggi, insulin dapat membuat gula darah turun mencolok.


Untuk pasien diabetes, hipoglikemia bisa berlangsung bila pemakaian insulin atau obat antidiabetes tidak disertai oleh konsumsi makanan yang cukup. Olahraga yang terlalu berlebih dapat memacu keadaan ini.


bandar slot terpercaya permainan slot tidak bisa dicurangi Tidak cuma pasien diabetes, orang yang tidak menanggung derita diabetes juga dapat alami hipoglikemia atau gula darah rendah. Beberapa pemicunya ialah:


- Kebanyakan minuman mengandung alkohol.

- Menanggung derita penyakit spesifik, seperti hepatitis, anoreksia nervosa, atau tumor untuk pankreas.

- Kekurangan hormon spesifik.

- Konsumsi beberapa obat spesifik, misalkan quinine.

- Tiada menyengaja konsumsi obat antidiabetes punya seseorang.


Bila kandungan gula darah rendah, badan akan berasa lemas serta tidak bertenaga. Tanda-tanda yang lain dapat Anda rasakan ialah lapar, keluar keringat dingin, kulit pucat, jantung berdebar, kesemutan di tempat mulut, resah, serta gampang geram.


Sedang tanda-tanda yang akan Anda rasakan saat kandungan gula darah begitu rendah (di bawah 40 mg/dL), diantaranya:


- Berbicara melantur

- Susah fokus

- Tidak sanggup berdiri atau berjalan

- Otot berkedut

- Kejang


Bila didiamkan, keadaan ini bisa mengakibatkan stroke, koma, bahkan juga kematian.


Silahkan Check Gula Darah Anda


Test gula darah biasanya disarankan untuk orang yang mempunyai tanda-tanda diabetes, seperti kerap haus, kerap buang air kecil, serta kerap berasa lapar. Disamping itu, test ini dapat disarankan untuk beberapa orang yang mempunyai kisah diabetes dalam keluarga.


Langkah untuk mengenali kandungan gula darah dengan lakukan test darah. Test ini bermanfaat untuk memantau kandungan gula darah pada tubuh Anda, supaya tidak keluar dari batasan normal.


Test gula darah dapat dilaksanakan sendiri di dalam rumah memakai alat glukometer. Contoh darah untuk kontrol ini diambil dengan menyerang ujung jemari memakai jarum spesial.


Anda dapat juga lakukan test gula darah di dalam rumah sakit. Ada beberapa macam test gula darah yang dapat dilaksanakan:

Test gula darah puasa

Anda diwajibkan puasa 8 jam saat sebelum ambil contoh darah. Test ini kerap digunakan untuk menganalisis keadaan pradiabetes serta penyakit diabetes.


Test toleransi glukosa oral (TTGO)

Dalam test ini Anda akan diberi glukosa dengan jumlah spesifik, serta 2 jam selanjutnya, kandungan gula pada darah Anda akan dicheck.


Test hemoglobin A1c (HbA1c) atau glikohemoglobin

Test ini dilaksanakan untuk mengenali kandungan gula darah untuk sel darah merah. Hasil test HbA1c bisa memberikan info tentang kandungan gula Anda sepanjang 2-3 bulan akhir.


Test ini mempermudah dokter untuk sesuaikan jumlah serta macam beberapa obat antidiabetes, bila dibutuhkan. Anda tak perlu jalani penyiapan spesial untuk lakukan test ini.


Test gula darah pada saat

Test ini dapat dilaksanakan kapan pun serta tidak membutuhkan penyiapan spesial. Tetapi, kontrol gula darah pada saat tidak bisa dipakai untuk mendiagnosa diabetes.


Kontrol ini cuman digunakan untuk mengawasi turun-naiknya gula darah untuk pasien diabetes, atau untuk menyaksikan kandungan gula darah untuk pasien dengan keadaan spesifik, misalkan lemas atau tidak sadarkan diri.


Bila hasil test gula darah pada saat Anda tinggi, belum pasti Anda menanggung derita diabetes. Bisa saja keadaan ini adalah dampak dari minuman atau makanan yang barusan Anda konsumsi.


Jika hasil test gula darah pada saat Anda memperlihatkan kandungan yang rendah, tetapi Anda tidak berasa lemas atau pusing, peluang ada kekeliruan untuk alat atau tehnik kontrol. Oleh karenanya, Anda perlu membahas kembali lagi hasil kontrol ini sama dokter.


Benar-benar disarankan untuk konsultasi lebih dulu sama dokter berkenaan test apa yang pas untuk Anda lalui. Tanya juga ke dokter berkenaan resiko atau beberapa hal yang lain yang terkait dengan test itu.


Lalu Berapakah Kandungan Gula Darah Normal?

Kandungan gula darah normal tidak selamanya sama, bergantung kapan test dilaksanakan, sesudah atau saat sebelum makan. Di bawah ini ialah batas kandungan gula darah normal, tetapi mempunyai dasar yang berbeda.


Test gula darah sesudah makan

Bila test gula darah dilaksanakan 2 jam sesudah makan, karena itu kandungan gula darah normal ialah kurang dari 140 mg/dL atau 7.8 mmol/L. Batas ini berlaku untuk orang berumur di bawah 50 tahun.


Untuk orang yang berumur 50-60 tahun, kandungan umumnya ialah kurang dari 150 mg/dL atau 8.3 mmol/L. Sedang ke orang berumur 60 tahun ke atas, kandungan gula darah normal ialah 160 mg/dL atau 8.9 mmol/L.


Test gula darah sesudah puasa

Bila test gula darah dilaksanakan sesudah puasa, karena itu kandungan gula darah yang normal semestinya kurang atau sama dengan 100 mg/dL atau 5.6 mmol/L.


Test gula darah dengan acak

Bila test gula darah dilaksanakan dengan acak (test gula darah sewaktu), karena itu hasilnya tidak dapat disamakan, bergantung dari kapan test dilaksanakan serta apa yang dimakan saat sebelum test.


Pada umumnya, kandungan gula darah normal ialah 80-120 mg/dL atau 4.4-6.6 mmol/L, bila test dilaksanakan saat sebelum makan atau sesudah bangun tidur. Sedang bila test dilaksanakan saat sebelum tidur, batas umumnya ialah 100-140 mg/dL atau 5.5-7.7 mmol/L.


Test hemoglobin untuk gula darah

Untuk test hemoglobin untuk gula darah (HbA1c), kandungan umumnya ialah kurang dari atau seputar 7 %.


Tetapi perlu Anda ingat, batas yang digunakan tiap laboratorium kemungkinan berlainan, bergantung alat yang dipakai. Jadi, pakailah dasar yang diberi oleh laboratorim tempat Anda mengecek gula darah.


Selain itu, yakinkan Anda menulis tanggal test serta hasilnya, dan apa yang Anda konsumsi serta kegiatan yang Anda kerjakan saat sebelum jalani test itu.


Hasil kontrol gula darah yang normal tidak selamanya bisa mengisyaratkan jika Anda tidak beresiko menanggung derita diabetes. Buat menentukannya, Anda selalu disarankan untuk mengonsultasikan hasil kontrol gula darah Anda untuk dokter, terutama bila Anda alami tanda-tanda diabetes atau mempunyai resiko untuk alami diabetes.


Kontrol gula darah sebaiknya dilaksanakan dengan arif serta sesuai keperluan. Lalui kontrol gula darah sesuai anjuran dokter serta aplikasikanlah gaya hidup sehat buat menahan imbas jelek dari tinggi atau rendahnya kandungan gula darah.

Postingan populer dari blog ini

Professional digital freelance photographer Texas

While conventional trains operate on relatively flat tracks with two rails, a number of specialized trains exist which are significantly different in their mode of operation.

Khuram Butt, Rachid Redouane and also Youssef Zaghba